Cara Cek Mutasi Di ATM BCA

3 min read

cara cek mutasi di atm bca

Meski terlihat sepele, cara cek mutasi di ATM BCA untuk transaksi terbaru atau 3 bulan terakhir menjadi hal yang penting. Masih banyak juga para nasabah Bank BCA yang belum mengetahui hal tersebut, padahal keberadaan mutasi cukup penting untuk mengecek transaksi yang telah dilakukan.

Pihak Bank BCA memang selalu memberikan kemudahan bagi para nasabahnya termasuk untuk cek mutasi di ATM BCA. Cek mutasi sendiri bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui layanan Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking atau bahkan melalui Mesin ATM terdekat.

Bagi nasabah yang belum memiliki 3 layanan diatas, maka untuk cara cek mutasi di ATM BCA nya haruslah melalui mesin ATM. Untuk menggunakan mesin ATM BCA tersebut syaratnya adalah, anda harus membawa kartu ATM BCA debit yang masih aktif beserta informasi PIN dan lain sebagainya.

Jika semua informasi telah anda siapakan, maka proses cek mutasi ATM BCA bisa dilakukan dengan mudah. Setelah proses cek mutasi berhasil, maka nantinya anda akan mendapatkan struk mutasi sesuai priode yang ingin anda lihat baik 1 bulan, 2 bulan atau bahkan 3 bulan terakhir.

Apalagi saat ini keberadaan mesin ATM BCA sudah tersebar diseluruh indonesia, sehingga memudahkan para nasabahnya yang ingin melakukan cek mutasi melalui mesin ATM BCA. Nah bagi anda yang belum mengetahui cara cek mutasi di ATM BCA, silahkan simak ulasan berikut.

Cara Cek Mutasi Di ATM BCA

bagaimana cara cek mutasi di atm bca

Meski cara cek mutasi di ATM BCA bisa dilakukan dengan mudah, ternyata masih banyak nasabah Bank BCA yang belum mengetahui hal tersebut. Secara teknis, cek mutasi ATM BCA dapat dilakukan dengan 8 langkah. Nah dari pada anda semua penasaran, simak ulasannya berikut.

Cari ATM BCA Terdekat

Sebelum cara cek mutasi di ATM BCA anda lakukan terlebih dahulu silahkan anda cari mesin ATM BCA terdekat didaerah anda. Temui mesin ATM dengan logo BCA yang biasanya ada di Bank, Pom Bensi, Supermarket dan tempat-tempat umum lainnya yang ramai didatangi masyarakat.

Baca Juga: Cara Mengambil Uang Di ATM BCA

Masukan Kartu Kedalam Mesin ATM

Setelah anda menemui mesin ATM, silahkan anda masukan kartu ATM BCA kedalam mesin. Pada saat memasukan kartu ATM kedalam mesin, hal tersebut perlu anda perhatikan secara seksama agar tidak terjadi kesalahan. Posisikan kartu ATM dengan tepat hingga tidak ada penolakan oleh mesin ATM.

Masukan PIN ATM

Setelah kartu ATM BCA berhasil anda masukan kedalam mesin, silahkan masukan PIN ATM anda dengan benar. Masukan PIN ATM maksimal sebanyak 3 kali, dan usahakan tidak ada kesahalan pada saat memasukanya. Apabila PIN yang anda masukan salah sebanyak 3x maka ATM anda akan terblokir.

Pilih Menu Transaksi Lainnya

Setelah PIN berhasil dimasukan, anda akan dihadapi dengan beberapa menu yang tersedia dilayar mesin ATM. Untuk melakukan pengecekan mutasi yang ada direkening Bank BCA, silahkan anda pilih menu Transaksi Lainnya hingga layar mesin ATM masuk ke menu selanjutnya.

Pilih Informasi Mutasi Rekening

Pada layar mesin ATM nantinya akan muncul sub menu dari Transaksi Lainnya yang sebelumnya anda pilih. Setelah itu silahkan anda Pilih saja menu Informasi kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol menu Mutasi Rekening.

Ambil Struk Mutasi BCA

Setelah anda menekan menu Mutasi Rekening, maka secara otomatis akan mencetak mutasi terakhir dari transaksi yang pernah anda lakukan sebelumnya. Mesin ATM BCA nantinya akan mengeluarkan struk yang berisikan mutasi dari rentang tanggal tertentu.

Ambil Kartu ATM

Setelah struk yang berisikan mutasi rekening anda dikeluarkan lalu anda mengambilnya, maka mesin ATM akan secara otomatis menanyakan “Apakah ingin melakukan transaksi lain?. Pada tahap ini sebenarnya opsional, jika anda tidak ingin melakukan transaksi lagi silahkan tekan Cancel.

Namun apabila anda ingin melakukan transaksi kembali pada mesin ATM, maka anda bisa menekan IYA. Langkah terakhir jangan lupa ambil kartu ATM BCA anda lalu simpan kedalam dompet atau manapun yang dirasa aman. Yang paling penting, jangan sampai kartu ATM BCA anda tertelan.

Selesai

Pada tahap ini, seharunya cara cek mutasi di ATM BCA telah berhasil anda lakukan. Untuk informasi seputar struk yang telah anda ambil tadi, bisa anda lihat untuk keperluan suatu hal. JIka semua dirasa sudah selesai, anda bisa meninggalkan mesin ATM BCA untuk keperluan lainnya.

Fungsi Mutasi Rekening BCA

cara cek mutasi di atm bca terbaru

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Bank BCA memberi banyak kemudahan bagi para nasabahnya. Berbagai macam fitur transaksi lebih digampangkan hanya melalui perangkat seluler saja, termasuk juga sekarang yakni mutasi rekening yang dapat dilakukan melalui mesin ATM.

Keberadaan fitur mutasi rekening sangatlah penting bagi para nasabah. Biasanya digunakan untuk mengecek histori transaksi yang telah dilakukan sebelumnya, baik transaksi terbaru atau bahkan yang  telah lama. Lalu apa saja fungsi dari mutasi rekening BCA? Simak ulasan dibawah

  • Mengecek transaksi yang sebelumnya telah dilakukan baik keluar ataupun masuk dari rekening nasabah dalam kurun waktu tertentu
  • Dapat digunakan untuk mengetahui apakah konsumen telah melakukan proses pembayaran atau belum. Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir kesalahan transferjuga kasus penipuan
  • Mengontrol segala macam aktivitas pada rekening agar terhindar dari penyalahgunaan nomor rekening yang dilakukan oknum pihak ketiga tanpa sepengetahuan kita
  • Beberapa fungsi lainnya

Tidak Bisa Cek Mutasi BCA, Kenapa?

cara cek mutasi di atm bca 3 bulan terakhir

Meski cara cek mutasi di ATM BCA bisa dilakuakan dengan mudah, seringkali cek mutasi mengalami kegagalan. Faktor kegagalannya pun beragam, misalkan terjadi karna faktor eksternal maupun internal. Hal tersebut memang seringkali terjadi tanpa diduga-duga.

Namun secara garis besar, cek mutasi BCA gagal disebapkan karna error, kesalahan teknis, server bank error, gangguan pusat, kartu ATM terblokir, mesin ATM rusak dan lain sebagainya. Karna itu, pada saat cek mutasi dilakukan gagal anda tidak boleh panik karna biasanya akan solved dalam waktu dekat.

Akan tetapi jika cara cek mutasi di ATM BCA gagal dikarenakan mesin ATM BCA rusak, maka jangan sungkan untuk melaporkan permasalahan ini kepada petuggas terdekat. Jika laporan anda diterima, maka biasanya proses nya tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara cek mutasi di ATM BCA untuk histori transaksi terbaru dan juga terlama yang bisa anda semua lakukan dengan mudah. Dengan mengetahui bagaimana cek mutasi di ATM, anda tidak perlu bingung lagi jika cek mutasi dilain waktu diperlukan.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para nasabah Bank BCA lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya informasikan pada ulasan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *