Cara Memasukan Kartu ATM BRI

4 min read

cara memasukan kartu atm bri

Cara memasukan kartu ATM BRI yang benar di mesin ATM menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, jika terjadi suatu kesalahan bisa-bisa ATM yang anda miliki tertelan didalam mesin ATM dan untuk memulihkannya memerlukan waktu yang cukup lama dan proses yang ribet.

Setiap nasabah yang ingin menabung di Bank pasti memiliki ATM (Ajungan Tunai Mandiri) untuk keperluan transaksi baik transfer, tarik tunai, pembayaran dan lain sebagainya. Untuk menggunakan ATM tersebut, para nasabah harus tau cara memasukan kartu atm bri yang benar.

Bentuk fisik ATM yang tipis dan juga simpel memang penggunaannya haruslah di mesin ATM. Meski memasukan kartu kedalam mesin terlihat simpel, namun nyatanya masih banyak nasabah Bank terutam BRI yang belum mengetahui hal tersebut dan menyebapkan ATM nya tertelan.

Perihal cara memasukan kartu ATM BRI ke dalam mesin memang tidak bisa disepelekan. Karna menurut beberapa kasus yang telah terjadi, nasabah yang telah terbiasa melakukan transaksi didalam mesin ATM juga sering mengalami beberapa masalah, salah satunya yakni ATM tertelan.

Meski permasalahan ATM tertelan dan lain sebagainya sudah cukup lumrah terjadi, namun ada beberapa cara memasukan kartu ATM BRI yang benar dan minim resiko terjadinya tertelan kartu ATM. Nah dari pada anda semua penasaran, langsung saja simak beberapa langkahnya berikut ini.

Cara Memasukan Kartu ATM BRI

cara memasukan kartu atm bri yang baru

Seperti yang telah saya singgung pada ulasan diatas, perihal Cara memasukan kartu ATM BRI memang harus secara tepat dan benar. Oleh karna itu, pembahasan kali ini sangat penting untuk anda semua pahami karna efeknya bisa saja ATM yang anda gunakan tertelan kedalam mesin.

Baca Juga: Cara Ganti PIN ATM BRI

Sebenarnya cara memasukan kartu ATM BRI yang benar terlihat sangat sepele, namun ternyata masih banyak para nasabah Bank BRI yang belum mengetahui hal tersebut. Umumnya sih para nasabah yang baru saja menggunakan kartu ATM BRI. Nah dari pada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan anda cari mesin ATM terdekat
  2. Setelah itu, siapkan kartu ATM BRI anda dan pastikan dalam kondisi aktif dan tidak terblokir
  3. Kemudian masukan kartu ATM kedalam mesin dan pastikan posisi kartu yang dimasukan benar, yaitu posisi garis hitam berada di bawah dan berada di samping kanan
  4. Lalu bisa anda perhatikan pada bagian atas kartu ATM, pastikan logo Bank harus berada di posisi depan
  5. Jika posisi kartu ATM yang anda masukan salah, mesin ATM tidak akan menarik kartu anda (pada posisi mesin ATM yang normal)
  6. Jika ternyata kartu ATM yang anda masukan akhirnya tertelan mesin, kemungkinan besar mesin ATM yang anda gunakan mengalami gangguan atau error (mesin tidak dilengkapi dengan sensor pengenal kartu)
  7. Untuk posisi kartu ATM yang benar bisa anda lihat pada gambar dibawah ini
  8. Jika cara memasukan kartu ATM BRI diatas berhasil anda terapkan, maka seharusnya proses transaksi yang anda lakukan di mesin ATM berjalan dengan benar
  9. Selesai

Ciri-ciri Kartu ATM BRI Rusak

cara memasukan kartu atm bri yang benar

Bukan hanya tau cara memasukan kartu ATM BRI yang benar saja, para nasabah juga dituntut untuk tau ciri-ciri kartu ATM BRI yang mulai rusak. Problem seperti ini kerap kali tidak diperhatikan para nasabahnya, sehingga pada saat melakukan transaksi di mesin ATM mengalami kegagalan.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Kartu ATM yang rusak juga menjadi penyebap mesin ATM tidak mau menarik kartu anda kedalam. Oleh karna itu, perihal ciri-ciri kartu ATM yang rusak perlu anda ketahui secara detail. Nah dari pada anda semua penasaran, langsung saja simak ulasan dibawah ini mengenai ciri-ciri ATM BRI rusak.

  • Rusak secara fisik: Ciri ciri kartu ATM BRI rusak yang pertama adalah kartu rusak secara fisik. Kartu ATM yang terglong rusak secara fisik yakni kartu ATM yang terkelupas, tergores, basah dan patah. Beberapa kartu ATM yang mengalami kerusakan jenis tersebut, umumnya masih bisa digunakan secara normal untuk bertransaksi di mesin ATM. Namun, ada juga kartu ATM yang tidak berfungsi kembali setelah mengalami rusak secara fisik.
  • Rusak non-fisik: Kemudian ciri kartu ATM yang telah rusak selanjutnya yakni kerusakan non-fisik. Kerusakan non-fisik ini memiliki beberapa ciri seperti ATM yang anda gunakan terblokir, menampilkan pesan error saat digunakan untuk bertransaksi, atau dikeluarkan kembali oleh mesin ATM saat ingin menggunakanya untuk bertransaksi.
  • Kadaluwarsa: Untuk ciri ciri kartu ATM BRI yang rusak terakhir adalah kadaluwarsa. Untuk kategori ini, kartu ATM yang anda gunakan sudah melewati masa tenggang. Biasanya, di setiap kartu ATM baik Bank apapun, selalu tertera keterangan valid thru yang diikuti bulan dan tahun kedaluwarsa. Setelah valid thru yang ada di kartu ATM anda habis, maka anda harus memperpanjang masa aktif kartu ke Bank.

Cara Mengatasi ATM BRI Tertelan

cara memasukan kartu atm bri warna hijau

Jika kartu ATM yang anda miliki tertelan, maka solusi pertama yang harus dilakukan adalah memblokir rekening tabungan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Untuk pemblokiran rekening tabungan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam, seperti melalui call center, aplikasi BRImo dan lain sebagainya.

Atau jika anda ingin proses pemblokiran kartu ATM berjalan dengan normal, anda bisa langsung datang ke Bank BRI sekalian menangani ATM BRI yang tertelan kedalam mesin. Namun dari beberapa kasus yang terjadi, proses kartu tertelan tidak perlu sampai memblokir rekening tabungan karna bisa ditangani dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa Ke Bank

Prosesnya yakni pada saat petugas ATM mengisi saldo mesin ATM biasanya ia akan sekalian mengambil kartu ATM anda yang tertelan. Setelah itu, anda bisa mengambil kembali kartu ATM di kantor Bank BRI terdekat yang ada didaerah anda. Namun agar lebih aman, alangkah baiknya tabungan rekening anda diblokir terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar ATM BRI anda yang tertelan tidak disalahgunakan oleh orang lain. Selain itu, setelah kartu ATM tertelan anda langsung pergi ke Bank BRI untuk proses pemulihannya dan jangan lupa bawa beberapa identitas pendukung kepemilikan seperti buku tabungan, KTP dan lain sebagainya.

Salah Memasukan Kartu ATM BRI

Mesin ATM memang di rancang untuk keamanan dan kenyamanan para nasabah saat akan melakukan transaksi. Ketika nasabah salah memposisikan kartu ATM ketika memasukkannya ke dalam mesin, maka mesin otomatis mesin tidak akan menelan kartu meskipun di paksa.

Hal itupun akan terjadi sama kepada nasabah ketika memasukkan kartu ATM dilain bank. Otomatis mesin ATM tidak akan mau menelan kartu ATM yang anda miliki. Namun berbeda hal nya jika rekening yang anda miliki terblokir, kartu ATM anda akan tertelan secara otomatis dan mesin akan memberi peringatan.

Jika anda mengalami hal tersebut, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera pergi ke kantor cabang BRI terdekat. Bukan hanya masalah kartu ATM yang tertelan saja, masalah seperti kartu ATM hilang dan lainya haruslah segera anda atasi dengan mengunjungi Bank BRI terdekat.

Penutup

Itulah tadi pembahasan menganai cara memasukan kartu atm bri yang benar untuk semua jenis kartu ATM. Dengan mengetahui beberapa langkah diatas, tentu saja anda akan lebih paham dan lebih mudah lagi memasukan kartu ATM kedalam mesin sehingga tidak terjadi suatu masalah.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para nasabah dari Bank BRI lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya ulas pada pemabahasan diatas tadi.

Syarat Membuat ATM BRI

admin
3 min read

Cara Mengambil Uang Di ATM

admin
5 min read

Cara Cek Saldo ATM BRI

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *