Cara Setor Tunai Di ATM BRI

3 min read

cara setor tunai di atm bri

Biasanya, setor tunai dilakukan dengan mendatangi teller Bank dengan membawa sejumlah uang yang akan disetorkan. Namun saat ini, cara setor tunai di ATM BRI sudah bisa dilakukan dengan mudah sehingga nasabah tidak perlu report-report mengantri pada saat antrian Bank ramai.

Bank BRI memang menjadi salah satu Bank yang paling mengerti masyarakatnya. Dengan menggunakan mesin Ajungan Tunai Mandiri atau ATM, para nasabah sudah bisa melakukan setor tunai dengan nominal berapapun secara mudah dan praktis tanpa perlu ke Bank langsung.

Bank saat ini menjadi salah satu tempat yang paling aman digunakan untuk hal menabung. Untuk memiliki tabungan, para nasabah harus membuat rekening terlebih dahulu. Setelah memiliki rekening tersebut, anda juga perlu melakukan penyetoran sejumlah uang ke bank agar saldo rekening tidak kosong.

Meskipun layanan ini sudah hadir lama, tak sedikit juga banyak masyarakat yang belum mengetahui cara setor tunai di ATM BRI padahal mudah dan juga praktis. Kehadiran ATM juga tentu memberikan banyak keuntungan tersendiri bagi para nasabah yang akan melakukan setor.

Tak hanya lebih praktis, proses penyetoran uang pun bisa dilakukan kapan saja karena mesin ATM BRI beroperasi 24 jam. Nah bagi anda semua yang termasuk nasabah Bank BRI, namun tidak tau cara setor tunai di ATM BRI, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Setor Tunai Di ATM BRI

cara setor tunai di atm bri tanpa kartu

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, cara setor tunai di ATM BRI saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Layanan setor tunai melalui mesin ATM ini menjadi hal yang cukup praktis dan juga simpel untuk dilakukan, ketika anda ingin melakukan setor tunai menabung didalam rekening.

Baca Juga: Limit Saldo ATM BRI

Setor tunai juga dilakukan dengan pecahan nominal bulat, sehingga anda tidak perlu repot-repot mencari pecahan uang kecil. Proses setor tunai bisa dilakukan dengan pecahan nominal 50rb dan juga 100rb. Selain pecahan nominal tersebut, proses setor tunai tidak bisa dilakukan.

  1. Pertama, silahkan anda kunjungi ATM BRI terdekat
  2. Setelah itu, Masukkan kartu ATM BRI ke dalam mesin yang tersedia
  3. Kemudian, pilih bahasa yang ingin anda gunakan, yaitu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  4. Lalu tahap selanjutnya yakni, masukkan PIN ATM
  5. Jika sudah, silahkan anda Pilih menu Setor Tunai pada layar ATM, kemudian tap Lanjutkan
  6. Lalu lanjut lagi dengan tap Rekening Tabungan
  7. Pada tahap ini, Masukkan uang percahan Rp 50 ribu atau Rp100 ribu ke dalam mesin ATM sesuai setoran yang ingin anda lakukan
  8. Setelah terproses, pastikan jumlah uang yang tertera pada layar ATM telah sesuai dengan jumlah setoran
  9. Jika proses diatas sudah dilakukan, silahkan tap Setor untuk melanjutkan proses
  10. Setelah proses berhasil dilakukan, Layar mesin ATM akan menampilkan notifikasi Setoran Anda telah diterima
  11. Disini, Uang pun akan masuk ke dalam saldo rekening BRI yang anda miliki
  12. Selesai

Itulah tadi cara setor tunai di ATM BRI yang bisa anda semua lakukan dengan mudah. Dengan melakukan langkah diatas, proses setor tunai bisa dilakukan tanpa perlu mengantri ke Bank.

Ketentuan Setor Tunai Di ATM BRI

cara setor tunai di atm bri ke rekening orang lain

Cara setor tunai Di ATM BRI sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis seperti langkah-langkah yang telah saya bahas diatas. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang diketahui para nasabah agar uang yang disetorkan langsung masuk ke rekening.

Proses penyetoran juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang memiliki kartu debit yang aktif. Tak hanya itu, anda juga hanya bisa menyetor uang tunai di ATM BRI yang telah memiliki fitur Cash Deposit Machine (CDM) atau Cash Recyling Machine (CRM).

Baca Juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa Ke Bank

Perlu anda semua ketahui juga,  ATM BRI hanya menerima uang pecahan Rp50 dan Rp100 ribu sebagai minimal pecahan uang yang nantinya akan disetor. Sementara itu, jumlah maksimalnya yang dapat anda setorkan kedalam mesin ATM  adalah sebanyak 50 lembar saja.

Apabila dirupiahkan, anda hanya bisa menabung sebanyak Rp2,5 juta untuk pecahan nominal Rp50 ribu dan juga Rp5 juta untuk pecahan nominal Rp100 ribu. Beberapa ketentuan dalam Cara setor tunai Di ATM BRI perlu diketahui para nasabah, agar prosesnya berhasil dan tidak gagal.

Penyebap Setor Tunai Di ATM BRI Gagal

cara setor tunai di atm bri ke rekening sendiri

Umumnya, proses setor tunai sering mengalami beberapa kegagalan. Kegagalan tersebut terjadi karna beberapa hal, seperti uang terlipat atau rusak, mesin ATM rusak, Gangguan sistem, Menggunakan mesin ATM berbeda dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut

Uang Terlipat atau Rusak

Penyebap pertama, mengapa proses setor tunai yang dilakukan melalui ATM BRI sering mengalami kegagalan adalah uang yang anda masukan kedalam mesin terlipat atau bahkan rusak. Beberapa hal ini, perlu anda perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan setor tunai.

Perlu anda semua ketahui, mesin ATM BRI secara otomatis menolak uang dengan kondisi tersebut, apalagi uang yang dimasukan kedalam mesin rusak dan tidak terlihat jelas. Pastikan juga uang yang akan anda lakukan setor adalah uang asli karena mesin ATM bisa membedakan uang asli dan palsu.

Mesin ATM Rusak

Cara setor tunai Di ATM BRI juga sering mengalami kegagalan tatkala mesin ATM yang anda gunakan rusak. Oleh karna itu, pada saat tiba di mesin ATM pastikan kondisi fisik dari mesin ATM tersebut baik-baik saja. Apabila terdapat kendala, jangan sungkan melaporkannya kepada petugas.

Baca Juga: Cara Daftar BRI Mobile Lewat Hp Tanpa Ke Bank

Jika mesin ATM rusak namun nasabah tetap melakukan setor tunai, biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti proses setor tunai gagal, uang tetap tertelan tapi saldo tidak bertambah dan lain sebagainya. Hal tersebut akan merugikan nasabah, oleh karna itu haruslah hati-hati.

Gangguan Sistem

Penyebap gagal selanjutnya adalah gangguan sistem. Perlu anda semua ketahui, layanan mesin ATM sendiri bekerja secara otomatis dengan menggunakan sistem iBanking. Sehingga dengan begitu, membuat layanan ATM BRI Ini sering mengalami gangguan sistem yang bisa terjadi kapan saja.

Sebagai akibatnya, uang yang tadinya khendak anda setorkan ke rekening tidak dapat diproses. Jika hal tersebut terjadi, yang perlu anda lakukan adalah segera datang ke kantor cabang BRI terdekat atau hubungi layanan call center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

ATM Bank Berbeda

Perlu diketahui, cara setor tunai di ATM BRI hanya dapat dilakukan dengan mesin ATM yang sama dengan kartu ATM. Jika anda tetap melakukannya, biasanya akan terjadi beberapa hal yang dapat mengakibatkan proses setor tunai tidak dapat dilakukan atau gagal.

Namun saat ini, mesin ATM sudah support berbagai jenis Bank yang berbeda ya meskipun masih ada mesin ATM yang hanya support satu Bank saja. Oleh karna itu, pastikan terlebih dahulu mesin ATM yang anda gunakan sudah support berbagai Bank atau belum.

Penutup

Itulah tadi cara setor tunai di ATM BRI yang bisa anda semua lakukan dengan mudah dan praktis. Dengan melakukan hal yang telah dipaparkan diatas, para nasabah bisa melakukan setor tunai kapanpun dan dimanapun hanya melalui ATM BRI terdekat.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna dari Nasabah Bank BRI lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya informasikan diatas.

Saldo ATM BRI 10 Juta

admin
3 min read

Tabel Angsuran KUR BRI

admin
7 min read

Limit Saldo ATM BRI

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.