Kode Bank Jatim Syariah

4 min read

Kode Bank Jatim

Kode bank Jatim yang merupakan bagian dari bank Pemerintah untuk wilayah Jawa Timur. Bank ini hanya bisa digunakan di wilayah tersebut oleh masyarakatnya. Biasanya, penggunaan bank ini ditujukan untuk memberi wadah ke semua orang dalam melakukan berbagai transaksi secara mudah tanpa kendala.

Sebagai Bank Daerah, tentu keberadaan Bank Jatim Syariah sangat membantu dalam menghidupkan perekonomian untuk wilayah jawa timur dan sekitarnya. Bank Jatim merupakan salah satu Bank Daerah yang ada di Indonesia, Jawa Timur diantara berbagai Bank Daerah lainnya.

Karna keberadaan Bank di Indonesia ini sangat banyak, mulai dari Bank Konvensional, Syariah, Digital hingga Bank Daerah tentu perlunya sebuah identitas masing-masing Bank. Karna hal itulah, dibentuknya kode Bank atau kode transfer masing-masing Bank untuk keperluan transaksi.

Tiap kode Bank satu dengan yang lain tentu saja berbeda-beda, termasuk juga kode Bank jatim syariah. Dengan adanya kode Bank jatim ini, diharapkan para nasabah dari berbagai Bank di Indonesia bisa melakukan aktifitas transfer ke Bank jatim tanpa perlu khawatir terjadi kesalahan transfer.

Lalu berapa kode Bank Jatim Syariah tersebut? Untuk informasi lebih lanjut silahkan simak pembahasannya dibawah ini, namun sebelum itu ketahui dahulu definisi tentang apa itu Bank, cara transfernya dari Bank lain, serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan setiap kali melakukan transfer.

Definisi Pengertian Apa Itu Bank

kode bank jatim syariah

Sebelum membahas lebih jauh tentang Kode Bank Jatim, Anda perlu tahu arti bank itu sendiri. Merupakan lembaga keuangan yang menerima simpanan dari masyarakat dan menciptakan giro sekaligus memberikan pinjaman. Kegiatan penyaluran kredit bisa dilakukan langsung oleh bank maupun tidak langsung melalui pasar modal.

Baca Juga: Kode Bank BJB

Karena bank memainkan peran penting dalam stabilitas keuangan dan ekonomi suatu negara, sebagian besar yurisdiksi menerapkan peraturan tingkat tinggi atas bank. Sebagian besar negara telah melembagakan sistem yang dikenal sebagai perbankan cadangan fraksional, di mana bank memiliki aset likuid yang hanya setara dengan sebagian dari kewajiban mereka.

Selain peraturan lain yang dimaksudkan untuk memastikan likuiditas, bank umumnya tunduk pada persyaratan modal minimum berdasarkan seperangkat standar permodalan internasional, yaitu Basel Accords.

Kode Bank Jatim Syariah

Setiap bank memiliki kode yang terdiri dari tiga digit angka berbeda-beda agar nasabahnya dapat mengenali bank yang sedang dituju. Selain itu, penggunaan Kode Bank Jatim juga bermaksud supaya transaksi yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa harus menimbulkan kesalahan nantinya.

Bank Jatim sendiri memiliki identitas kode dengan angka 114. Kode ini nantinya berfungsi sebagai perantara bagi nasabah untuk melakukan transaksi antar bank dengan meletakkan Kode Bank Jatim tersebut sebelum nomor rekening bank tujuan. Misalnya, 114 8372625294 di layar mesin ATM.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui Kode Bank Jatim dan masing-masing bank lain dalam melakukan transaksi apapun. Selain itu, perlu diketahui juga kalau transaksi beda bank ini akan dikenakan biaya admin yang sepenuhnya ditanggung oleh nasabah.

Cara Transfer Dari Bank Lain ke Bank Jatim

kode bank jatim surabaya

Perkembangan zaman banyak menghadirkan berbagai sistem baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat secara luas. Salah satunya adalah bank. Bagi Anda nasabah baru dan tidak tahu atau ragu untuk melakukan transaksi berupa transfer antar bank, sebaiknya ketahui langkah-langkah di bawah ini!

  1. Datanglah ke gerai ATM yang sesuai dengan kartu atau rekening yang Anda gunakan sekarang.
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin dengan posisi yang tepat dan di tempat yang benar.
  3. Setelah itu, laya mesin akan menampilkan dua opsi bahasa yang bisa digunakan oleh nasabah. Untuk memudahkan proses transaksi, sebaiknya Anda memilih “Bahasa Indonesia” sebagai bahasa utamanya.
  4. Kemudian, masukkanlah 6 digit angka PIN ATM Anda secara benar. Lakukanlah secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan sampai tiga kali, karena jika hal tersebut terjadi maka kartu ATM akan terblokir secara otomatis nantinya.
  5. Nantinya, akan muncul layar utama yang berisi beberapa layanan yang bisa Anda gunakan. Untuk melakukan transfer antar bank, tekan opsi “Transaksi Lainnya” lalu “Transfer ke bank lain atau antar bank”
  6. Masukkan kode bank Jatim dan no rekening tujuan bank Jatim Anda. Contohnya kode bank Jatim + no rekening tujuan, 1148573927292.
  7. Jika sudah benar, klik “Lanjut” dan masukkan nominal atau jumlah uang yang akan Anda transfer sesuai dengan isi saldo rekening.
  8. Tekan “Lanjut”. Nantinya akan muncul data diri mengenai informasi pemilik rekening. Lakukanlah pengecekan secara teliti, apakah semua data-datanya valid atau tidak.
  9. Jika sudah, klik “Ya” dan struk akan keluar dari mesin sebagai bukti transaksi Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar Kode Bank Jatim dan cara transfer dari bank lain namun belum tau bagaimana caranya, anda bisa menghubungi layanan call centernya di nomor 14044. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pegawai atau staff di bank tersebut.

Baca Juga: Kode Bank BTN

Sebelum melakukan konsultasi, alangkah baiknya bagi Anda untuk memastikan ponsel terisi kredit pulsa agar komunikasi berjalan dengan baik tanpa kendala. Biasanya, penelpon akan dikenakan biaya cukup tinggi dalam sekali telpon.

Biaya Admin Transfer Ke Bank Jatim

kode bank jatim berapa

Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya kalau nominal atau besaran biaya admin setiap bank berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank itu sendiri. Perlu diketahui bahwa biaya ini sepenuhnya ditanggung oleh pemilik kartu atau nasabah yang sedang melakukan transaksi.

Di zaman yang serba online seperti saat ini, Anda bisa menjalankan berbagai jenis aplikasi di ponsel pintar. Salah satunya adalah aplikasi m-banking. Nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 per bulan dan ini adalah angka yang sangat terjangkau. Sedangkan biaya ATMnya dikenai Rp 5.000/ bulan.

Jika Anda ingin melakukan transfer ke bank lain, maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 6.500 per sekali transaksi. Sebelum melakukan transaksi tersebut, sebaiknya nasabah mengecek nominal atau jumlah saldo yang ada di rekening agar nanti tidak terjadi kendala selama proses transfer tersebut.

Namun berkat kemajuan teknologi saat ini, semua layanan perbankan sudah menggunakan siste BI Fast. Dengan adanya layanan ini, biaya admin per sekali transaksi antar bank jauh lebih murah dari biayanya yakni Rp 2.500. Namun sayangnya, tidak semua bank sudah menggunakan layanan ini.

Fungsi-Fungsi Adanya Bank

Mungkin Anda hanya tahu kalau fungsi dari bank adalah sebagai tempat masyarakat menyimpan uang. Namun, perlu diketahui juga bahwa keberadaan bank ini dapat membantu semua orang dalam memenuhi kebutuhan di bidang keuangan. Untuk informasi lebih jelasnya, simaklah ulasan di bawah ini!

Koleksi Tabungan Masyarakat

Saat ini orang tidak menyimpan tabungannya di rumah. Mereka menyimpannya di bank. Dengan demikian risiko kehilangan (dari pencurian, dll) dapat dihindari. Selain itu, beberapa bunga diperoleh untuk menambah keuntungan. Ada berbagai jenis deposito yang tersedia di dalam sebuah bank.

Bunga yang dibayarkan atas simpanan tersebut sangat kecil. Beberapa simpanan dapat ditarik setelah jangka waktu tertentu. Deposito semacam itu disebut deposito berjangka. Ada nama yang berbeda dari deposito berjangka, misalnya deposito tetap, tabungan, dll. Deposito berjangka mendapatkan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Pinjaman dan Investasi

Bank meminjamkan uang kepada pedagang, industrialis dan orang lain. Peminjaman dilakukan melalui berbagai cara. Kadang-kadang rekening dibuka atas nama peminjam dan dia diperbolehkan untuk menarik cek di atasnya. Bank juga dapat meminjamkan uang dengan mendiskontokan bill of exchange.

Baca Juga: Kode Bank Aceh

Bank menginvestasikan uang pada saham, surat utang perusahaan, Surat Sanggup Pemerintah. Mereka meminjamkan uang untuk kepentingan industri terhadap keamanan Surat Utang Pemerintah, saham, surat utang, emas, dll. Pinjaman juga diberikan kepada individu swasta.

Penerbitan Uang

Dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, manusia pasti membutuhkan uang. Mungkin beberapa dari Anda juga berpikir darimana uang itu berasal. Sebelumnya bank dapat mencetak dan menerbitkan wesel bayar sesuai permintaan. Uang kertas digunakan sebagai alat tukar.

Saat ini hanya bank sentral negara menerbitkan uang kertas. Bagaimanapun juga, bank bisa memberikan pinjaman melebihi uang yang disimpan mereka. Cek dapat ditarik terhadap pinjaman tersebut dan dapat digunakan sebagai alat tukar. Dengan demikian, bank dapat menciptakan uang.

Penutup

Bank Jatim termasuk ke dalam Bank Pemerintah yang beroperasi di wilayah tertentu, yakni Provinsi Jawa Timur. Hanya bisa digunakan oleh masyarakat di wilayah tersebut untuk melakukan berbagai transaksi dengan kode bank Jatim sebagai perantaranya.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para nasabah dari berbagai Bank di Indonesia mengetahui beberapa hal yang telah saya ulas pada pembahasan diatas.

Kode Bank BSM

admin
4 min read

Kode Bank Sumsel Babel

Pemerintah memberi banyak fasilitas yang bisa digunakan masyarakat. Di bidang finansial pun, sekarang sudah banyak bank daerah, seperti Bank Sumsel Babel dengan berbagai layanan...
admin
4 min read

Kode Bank Hana Bank

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *