Nomor Referensi BRI

4 min read

nomor referensi bri

Nomor referensi BRI menjadi salah satu hal penting dalam sebuah transaksi, baik antar sesama Bank atau bahkan beda Bank. Dengan nomor referensi ini lah, para nasabah bisa mengecek status transaksi yang telah berhasil menggunakan nomor referensi apa dan berapa.

Sebenarnya, perihal nomor referensi BRI menjadi hal yang mudah untuk diketahui. Namun faktanya, masih banyak nasabah Bank BRI yang belum tau cara cek nomor referensi BRI, pengertian nomor referensi, kode unik semua bank dan lain sebagainya padahal penting.

Perihal nomor referensi sendiri sebenarnya ada 2 maksut, yang pertama yakni nomor referensi yang dibutuhkan pada saat melakukan transfer ke antar bank dan yang kedua adalah nomor referensi setelah anda berhasil melakukan transaksi baik transfer atau tarik tunai.

Meski memiliki 2 maksut yang berbeda, namun sejatinya nomor referensi memiliki kegunaan yang sama. Tiap-tiap nasabah wajib untuk mengetahui nomor referensi BRI ini, karna hal tersebut nantinya menyangkut detail transaksi yang akan dilakukan.

Selain itu, biasanya setelah melakukan transfer selain anda diminta untuk menunjukan bukti transfer anda juga diminta untuk memberikan no ref BRI. Meski tidak semua transaksi meminta nomor referensi, namun keberadaan nomor referensi ini sangatlah penting.

Apa Itu Nomor Referensi BRIapa itu nomor referensi bri

Bicara perihal nomor referensi, Nomor referensi BRI adalah sebuah kode unik yang terdiri dari beberapa angka-angka yang telah dibuat oleh nasabah itu sendiri sebagai sebuah tanda bukti bahwa telah melakukan transaksi baik transfer atau tarik tunai dan statusnya berhasil.

No ref bri sendiri bisa anda dapatkan dengan melakukan trasfer via aplikasi M-Banking seperti misalnya BRImo, mesin ATM, maupun Internet Banking. Nomor referensi sebenarnya bersifat opsional, maka dari itu banyak nasabah yang tidak memanfaatkan saat melakukan transaksi.

Baja Juga: Saldo Minimal BRI

Padahal jika dilihat secara mendalam, nomor referensi BRi ini mempunyai berbagai macam fungsi yang cukup penting. Lalu apa saja fungsi dari nomor refernsi BRI? Nomor referensi BRI berfungsi sebagai sebuah tanda bahwa anda sudah menyelesaikan transaksi.

Selain itu, no ref bri juga bisa berfungsi sebagai alat proteksi tambahan. Misalkan ketika anda telah melakukan transaksi baik transfer atau tarik tunai, namun secara tidak sengaja anda menghilangkan struk, maka anda bisa meminta pihak Bank untuk melacak transaksi yang telah dilakukan.

Berdasarkan nomor referensi yang telah anda berikan kepada pihak Bank BRI, maka pihak bank akan secara langsung melacak detail transaksi yang telah anda lakukan lalu memberikan detail transaksi nya secara lengkap, mulai dari nominal transaksi berapa, kepada siapa dan lain sebagainya.

Cara Cek Nomor Referensi BRIcek nomor referensi bri

Sebenarnya untuk mengecek nomor referensi BRI bisa dilakukan dengan mudah yakni pada saat setelah melakukan transaksi. Jika anda menggunakan aplikasi BRImo, maka nomor referensi akan otomatis tercantum pada detail bukti transfer setelah statusnya dinyatakan berhasil.

Misalkan anda tidak memiliki bukti transfer, maka anda bisa mendatangi pihak kantor Bank BRI terdekat. Untuk no ref bri sendiri biasanya terdiri dari 3 digit angka. Tiap bank juga memiliki kode nya masing-masing. Sebagai contoh saja, untuk kode Bank BRI yaitu 002.

Disuati kondisi mungkin anda mengalami kehilangan struk bukti transaksi, nah untuk mengecek detail transaksi yang telah anda lakukan tadi bisa dilakukan pengecekan melalui pihak Bank BRI terdekat. Namun untuk melakukan cara ini, anda memerlukan nomor referensi.

Jika anda telah memiliki nomor referensi tersebut, maka bisa mengikuti langkah dibawah ini untuk mengecek kembali detail transaksinya.

  1. Pertama, silahkan anda datang ke cabang bank BRI terdekat
  2. Setelah masuk ke dalam Bank, silahkan ambil nomor antrian untuk nantinya bertemu pihak Customer Service
  3. Pada tahap ini, silahkan informasikan kepada CS perihal keluahan yang anda alami dan berikan juga nomor referensinya
  4. Selanjutnya pihak bank BRI akan melakukan pengecekan dari nomor referensi yang diberikan tadi
  5. Pada saat prosesnya, akan membutuhkan waktu beberapa saat
  6. Setelah pengecekan berhasil, maka CS akan memberitahukan detail transaksi berdasarkan nomor referensi yang sebelumnya telah anda lakukan
  7. Selesai

Nomor Referensi BRI Semua Bank

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, nomor no ref bri terdiri dari 2 maksut yang berbeda. Jika anda ingin melakukan transfer ke Bank yang berbeda, maka biasanya anda diminta untuk memasukan nomor referensi dari Bank tujuan yang khendak anda lakukan transfer.

Tiap-tiap bank memiliki kode referensi nya masing-masing termasuk salah satunya Bank BRI. Perihal nomor referensi ini sangat penting, pasalnya jika anda tidak memasukan nomor referensi dari Bank tujuan anda, maka transaksi tidak akan bisa dilanjutkan.

Nah berikut detail nomor referensi semua bank yang ada di indonesia:

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 009
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911

Jika diatas merupakan nomor referensi dari berbagai bank konvensional, dibawah ini merupakan nomor referensi dari Bank-bank daerah yang ada di indonesia.

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137

Cara Isi Nomor Referensi BRI Via Internet Banking

nomor referensi bri diisi apa

Nomor referensi nasabah yang biasanya diminta pada saat menggunakan layanan internet banking BRI sebenarnya merupakan sebuah opsi yang dapat dibuat sendiri. Apalagi nomor referensi tersebut tidak memiliki aturan baku untuk menuliskannya pada saat akan melakukan transfer.

Anda selaku nasabah BRI yang akan menggunakan layanan Internet Banking bisa mengisi nomor referensi BRI tersebut dengan berbagai kombinasi asal misalkan tanggal lahir, tanggal pernikahan, nomor telepon dan lain sebagainya sesuai keinginan.

Hal tersebut nantinya tidak akan bermasalah karena yang penting adalah nomor refernsi tersebut terisi. Dengan kata lain anda bisa mengisi no ref bri tersebut sesuka hati atau boleh asal-asalan Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan anda kunjungi link berikut https://ib.bri.co.id/ib-bri/Homepage.html
  2. Setelah itu silahkan login ke layanan internet banking yang anda miliki
  3. Kemudian setelah masuk. pilih menu Transfer
  4. Selanjutnya pilih opsi transfer antar bank atau pilih bank BRI
  5. Pada tahap ini, silahkan masukan nominal yang ingin anda transfer
  6. Kemudian masukan nomor referensi BRI sesuai keinginan seperti yang telah disinggung sebelumnya
  7. Untuk melanjutkan proses transaksi, jangan lupa masukan nomor PIN yang anda miliki
  8. Setelah memasukan PIN maka proses transaksi akan dilanjutkan
  9. Tunggu proses transaksi selesai dan anda bisa melihat nomor referensi nya
  10. Selesai

Kegunaan Nomor Referensi BRI

Jika ditanya kegunaan, sebenarnya tidak ada kegunaan secara khusus perihal nomor referensi pada saat melakukan transaksi kecuali beberapa hal yang telah saya sebutkan pada ulasan diatas tadi. Namun keberadaan nomor referensi ini sangatlah penting untuk diketahui para nasabahnya.

Secara umum nomor referensi juga bisa anda lihat dengan mudah melalui bukti transaksi yang berhasil baik saat menggunakan aplikasi Mobile Banking, Internet Banking, Mesin ATM dan lain sebagainya. Nomor referensi ini terletak pada bagian bukti transaksi dan biasanya terdiri dari beberapa angka.

Pada bagian bukti transfer juga, anda tidak hanya melihat nomor referensi saja melainkan informasi transaksi lainnya. Seperti nomor rekening tujuan, nominal yang ditransfer, tanggal transfer dan lain sebagainya. Jika bukti transaksi hilang, maka anda bisa memanfaatkan nomor referensi tersebut untuk melacakanya.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai nomor referensi BRI dan cara ceknya. Dengan mengetahui pengertian dan beberapa langkah untuk mengeceknya, anda nantinya dapat dengan mudah mengetahui nomor referensi setiap kali melakukan transaksi baik transfer atau tarik tunai.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para nasabah dari Bank BRI lainya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya informasikan pada pembahasan diatas

Syarat Membuat ATM BRI

admin
3 min read

Cara Mengambil Uang Di ATM

admin
5 min read

Cara Memasukan Kartu ATM BRI

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *