Syarat Membuat ATM BRI

3 min read

syarat membuat atm bri

Syarat membuat ATM BRI menjadi hal penting yang harus dipatahui oleh setiap nasabah yang ingin membuka rekening tabungan. Pasalnya, tanpa membawa syarat-syarat tersebut, para nasabah nantinya tidak akan bisa membuat rekening tabungan hingga ATM BRI.

Syarat syarat bikin ATM BRI tersebut nantinya digunakan sebagai indentitas para nasabah yang langsung terdata di Bank. Semua syarat tersebut nantinya akan diverifikasi dan dicocokan oleh data indentitas asli nasabah, setelah cocok barulah nasabah tersebut bisa membuat ATM BRI.

Beberapa syarat tersebut nantinya meliputi identitas para nasabah, uang setoran awal dan lain sebagainya. Oleh karna itu, jika anda ingin membuat ATM BRI dan membuka beberapa layanan seperti Mobile Banking, Internet Banking haruslah menyiapkan beberapa syarat tersebut.

Beberapa syarat tersebut nantinya harus anda bawa ke Bank BRI terdekat lalu berikan kepada pihak Customers Service untuk tahap pembuatan ATM BRI. Biasanya pihak Customers Service akan mengecek terlebih dahulu data yang anda berikan, jika sudah sesuai baru bisa dilanjutkan.

Karna sifatnya yang wajib, maka para nasabah dituntut untuk mengetahui syarat-syarat tersebut. Lalu apa saja syarat membuat ATM BRI Simpedes, BRItama dan lain sebagainya? Nah untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Syarat Membuat ATM BRI

syarat syarat membuat atm bri

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, syarat membuat ATM BRI merupakan hal yang wajib nasabah patuhi. Syarat tersebut nantinya digunakan sebagai data verifikasi oleh pihak bank yang nantinya akan dicantumkan kedalam identitas kartu ATM atau tabungan yang anda buat.

Baca Juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa Ke Bank

Proses pembuatan ATM BRI juga haruslah datang langsung ke Bank, karna hingga saat ini pihak Bank BRI belum mengeluarkan layanan pembuatan ATM BRI secara online. Nah secara umum, ada beberapa syarat yang perlu nasabah siapkan pada saat ingin membuat ATM BRI yakni sebagai berikut.

  • KTP (kartu tanda penduduk) /SIM/PASPOR
  • Usia minimal 17 Tahun, Boleh di bawah 17 Thn untuk jenis ATM Tertentu
  • Menyerahkan Uang Setoran awal Rp 100.000
  • Membawa Paspor Untuk WNA

Untuk syarat membuat ATM BRI diluar daerah biasanya tidak jauh berbeda dengan yang sudah saya sebutkan diatas. Hanya saja biasanya, ada beberapa surat atau dokumen yang bisa mendukung proses pembuatan ATM BRI anda seperti surat keterangan dari perusahaan.

Untuk informasi lebih lenjut mengenai persyaratan pada saat ingin membuat ATM BRI dan beberapa layanan lainnya, silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini. Sebagai tambahan, untuk proses pembuatan ATM lebih cepat, silahkan datang langsung ke Bank pagi hari.

Membawa Dokumen Identitas Pribadi

Dokumen berupa identitas pribadi merupakan hal penting yang wajib anda bawa pada saat akan membuat ATM BRI. Beberapa dokumen penting pribadi tersebut meliputi KTP (Kartu Identitas Penduduk) yang masih aktif , NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan juga KK (Kartu Keluarga).

Beberapa dokumen tersebut berlaku jika anda memang asli berpenduduk di Indonesia. Sedangkang apabila anda WNI (Warga Negara Asing) yang ingin membuat kartu ATM BRI dan beberapa layanan perbankan lainnya maka anda perlu menyiapkan KIMS atau KITAP atau KITAS beserta passport yang masih aktif.

Dokumen tersebut nantinya dibutuhkan sebagai syarat membuat ATM BRI yang akan diambil data nya untuk mengisi beberapa point penting seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Alamat Lengkap, Umur dan lain sebagainya. Oleh karna itu, keberadaan dokumen ini sangat penting untuk anda bawa.

Berusia Minimal 17 Tahun

syarat membuat atm bri junio

Syarat membuat ATM BRI kedua adalah para calon nasabah haruslah berusia minimal diatas 17 tahun. Jika calon nasabah memiliki umur dibawah 17 tahun maka tetap bisa membuat ATM BRI dan layanan lainnya asalkan didampingin oleh orang tua kandung atau wali yang sah.

Orang tua atau wali tersebut nantinya sebagai penanggung jawab semua transaksi yang dilakukan pada rekening ATM BRI nantinya. Sebagai bahan pembuktian, biasanya para nasabah akan diminta identitas resmi berupa KTP resmi yang statusnya masih berlaku di indonesia.

Baca Juga: Cara Daftar BRI Mobile Lewat Hp Tanpa Ke Bank

Namun apabila anda belum memiliki KTP atau sedang dalam pembuata, maka dokumen pembuktian nantinya bisa diganti dengan dokumen lain seperti KK (Kartu Keluarga) atau AKTE kelahiran. Jika persyaratan sudah lengkap, maka proses pembuatan ATM BRI bisa dilanjutkan.

Membawa Uang Setoran Awal

Syarat membuat ATM BRI selanjutnya yakni membawa uang setoran awal sebagai langkah verifikasi pertama pengaktifan buku tabungan. Setoran awal ini bukan untuk pihak bank melainkan sebagai saldo mengendap yang ada di rekening ATM BRI yang telah berhasil anda buat tadi.

Setoran awal ini juga nantinya bisa anda tarik melalui mesin ATM atau Mini ATM terdekat jika dirasa setoran awal tersebut terlalu banyak, namun perlu diingat jangan sampai saldo mengendap tersebut habis. Untuk masalah besaran setoran awal ini beragam, tergantu jenis ATM BRI yang anda buat.

Untuk informasi setoran awal Bank BRI sendiri bisa anda lihat melalui laman resmi BRI atau internet. Sebagai jaga-jaga, anda bisa membawa uang sebesar Rp. 500.00 untuk beberapa keperluan nantinya. Namun dari informasi yang beredar, setoran awal ATM BRI itu bebas tidak ada patokan.

Setoran Awal Membuat ATM BRI

syarat membuat atm bri di luar daerah

Setelah mengetahui syarat membuat ATM BRI, ada nominal setoran awal yang nantinya perlu anda keluarkan untuk perluan pengaktifan kartu ATM. Besaran setoran awal tersebut beragam sesuai jenis tabungan yang sebelumnya anda pilih baik Simpedes, BRItama dan lain sebagainya.

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, setoran awal ini nantinya bisa anda tarik kembali jika dirasa teralu banyak. Namun perlu diingat, nominal setoran awal ini tidak bisa anda tarik semuanya, karna wajib menyisakan beberapa sebagai nominal untuk biaya bulanan ATM dan lain sebagainya.

Pada saat memilih tabungan Bank BRI, pastikan anda memilih yang sesuai dengan keperluan bisnis dan usaha anda. Karna masing-masing tabungan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi limit saldo ATM BRI, minimal transfer serta tarik tunai dan lain sebagainya.

Nah berikut detail macam-macam setoran awal pada saat membuat ATM BRI berdasarkan jenis kartu yang anda gunakan.

  • Kartu ATM BRI Classic : Minimal Rp. 250.000
  • Kartu ATM BRI Gold : Minimum Rp. 500.000

Jika anda termasuk nasabah baru, maka biasanya pihak Bank akan memberikan ATM BRI Simpedes atau BRItama. Namun apabila anda sudah menjadi nasabah lama, biasanya kartu ATM BRI yang diberikan kepada anda adalah Gold. yang memiliki limit dan nominal transfer tiap harinya besar.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai syarat syarat membuat ATM BRI yang perlu nasabah ketahui. Beberapa syarat tersebut penting nantinya untuk dibawa sebagai bukti kelengkapan pemilik rekening yang nantinya akan diverifikasi oleh pihak Bank sehingga memudahakan saat membuat ATM.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para nasabah dari Bank BRI lainya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya ulas pada pemabahasan diatas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *